Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah, dapat dipercaya efektif untuk membuat jerawat hilang secara alami dan kulit kembali sehat. Namun perlu kamu ingat, belum banyak penelitian yang bisa mengonfirmasi manfaat bahan-bahan di bawah ini secara ilmiah. Sehingga, meskipun cara-cara ini alami, kita tetap perlu berhati-hati dalam memilih.

1. Cuka Apel

Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam organik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat jerawat, berikut adlaah langkah-langkahnya.

-Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air

-Bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke permukaan kulit menggunakan kapas steril.

-Biarkan selama 5-20 detik.

-Bilas wajah, Kemudian keringkan.

Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari. Jika kulitmu adalah kulit sensitif, campurkan cuka apel dengan air yang lebih banyak. Perhatikan juga bahwa cuka apel dapat memberikan efek samping jika penggunaannya tidak terkontrol

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Gel lidah buaya juga dipercaya dapat membantu masalah di kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya mengandung sulfur dan asam salisilat. Dua bahan ini sudah sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit. Cara penggunaan lidah buaya untuk mengobati jerawat adalah dengan cara:

-Cuci bersih lidah buaya

-Potong Lidah Buaya menjadi 2 bagian

-Kerok lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok

-Oleskan secara langsung ke permukaan wajah

Ulangi 1 sampai 2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan. Jika efek samping berlanjut hentikan pemakaian dan hubungi dokter.

3. Madu

Madu

Madu dipercaya dapat menghilangkan jerawat karena Madu mengadung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan bersifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri akibat jerawat. Kita dapat mengoleskan madu ke permukaan kulit menggunakan kapas steril

4. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 adalah lemak sehat yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak omega 3, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). EPA memiliki manfaat bagi kulit, termasuk dalam mengelola produksi minyak, mempertahankan hidrasi dan mencegah jerawat. Kadar EPA dan DHA telah terbukti mengurangi faktor peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko jerawat. Sejumlah makanan tinggi asam omega 3 yang baik dikonsumsi, di antaranya adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan teri, kacang kenari, biji chia, dan biji rami giling. Selain dari makanan, asam omega 3 juga dapat diperoleh dari konsumsi suplemen tambahan. Dalam sebuah riset, 45 orang dengan jerawat diberi suplemen asam lemak omega 3 yang mengandung EPA dan DHA yang tinggi setiap hari. Setelah 10 minggu, jerawat pada 45 orang tersebut berkurang secara signifikan. Sebagian organisasi kesehatan merekomendasikan orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 250 hingga 500 mg asam lemak omega 3 per hari.

5. Kurangi atau hindari Stress

Kurangi atau hindari Stress

Hormon yang muncul selama periode stress dapat meningkatkan produksi sebum dan membuat kulit meradang, sehingga membuat jerawat lebih buruk. Fakta membuktikan melalui penelitian telah mengaitkan stress dengan peningkatan jerawat. Stress dapat memperlambat penyembuhan luka pada kulit hingga 40 persen yang dapat memperlambat perbaikan kulit pada jerawat. Perawatan relaksasi dan pengurangan stress telah terbukti dapat memperbaiki jerawat. Tetapi, lebih banyak jam Tidur dan Terlibat dalam aktivitas fisik seperti berlatih yoga dan Sering ambil napas dalam-dalam. Jika kondisi jerawat semakin parah dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk Langkah lebih lanjut

Nah, itu beberapa cara untuk menghilangkan jerawat secara alami. Jadi, kamu mau coba cara yang mana?

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *